Jumat, 08 April 2011

MANUSIA ULUL ALBAB



MANUSIA ULUL ALBAB




Hati bersih                               otak cerdas                 etos kerja tinggi
     (berdzikir)                                (berpikir)                           (kreatif)

TREE IN ONE : DZIKIR, PIKIR, AKSI
(lihat surah Ali Imran 190-191)

ü  mengingat Allah dalam segala situasi dan kondisi
ü  memikirkan atau memperhatikan fenomena alam raya
ü  berusaha dan berkreasi dalam bentuk nyata

KALBU/HATI


Kalbu mati                      kalbu berpenyakit                              kalbu sehat

TES KONDISI KALBU

NO
PERNYATAAN
NILAI
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
1
Saya adalah orang yg terus menerus ingat Allah SWT










2
Saya tidak pernah melupakan shalat 5 waktu










3
Saya tidak pernah meninggalkan puasa wajib dibulan ramadhan










4
Saya sangat suka mendengarkan nasehat agama










5
Bila saya berbuat salah, saya segera minta maaf










6
Saya selalu memperhatikan pelajaran dikelas










7
Bila ada teman yg berbuat kejelekan saya tidak pernah ikut-ikutan










8
Saya selalu taat kepada orang tua










9
Saya selalu berusaha untuk tidak menyakiti hati orang lain










10
Saya selalu berusaha menauladani nabi Muhammad SAW dalam setiap gerak hidup saya










Kondisi kalbu kita termasuk yang mana ?
1. Jumlahkan nilai (jumlah nilai paling rendah 10 dan paling tinggi 100)
2. Jika jumlahnya :
*      80 keatas, berarti kondisi kalbu kita masih sehat
*      60-80 berarti kondisi kalbu kita sudah sakit walaupun belum parah
*      10-50 kondisi kalbu kita dalam keadaan sakit parah

Tidak ada komentar: