Jumat, 05 April 2013

DESKRIPSI MATA KULIAH PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM



DESKRIPSI MATA KULIAH PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM

Mata Kuliah    : Pemikiran Pendidikan Islam
Komponen     : MKB
Kode MK         : AIC 236
Fakultas           : Agama Islam
Program Studi: Pendidikan Agama Islam (PAI)
Jenjang            : Strata Satu (S 1)
Bobot                : 2 SKS
MK Prasyarat : Filsafat Pendidikan
Dosen               : Yusuf Hasyim, S.Ag, M.S.I

I.        Deskripsi dan Tujuan Mata Kuliah
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan analisis kritis dan histories terhadap berbagai pemikiran pendidikan Islam dan mencoba melihat aspek epistemologis bangunan pemikirannya dalam kaitannya dengan berbagai aspek yang relevan pada masanya baik social politik dan ideology maupun gerakan intelektual dan problem kebudayaan pada suatu masa dan masa-masa lainnya, serta mencoba membuat analisis reflektif terhadap kondisi yang berkembang saat ini.

II.      STANDAR KOMPETENSI
Diharapkan mahasiswa dapat memahami pemikiran tokoh-tokoh tentang pendidikan islam dan mampu mengaplikaskan dalam dunia pendidikan.

III.    TOPIK INTI
1.       Pengantar, ruang lingkup dan kegunaan
2.       Pendidikan Islam (Epistimologi, ontology dan aksiologi)
3.       Ide-ide Pendidikan Al Qur’an dan Hadits
4.       Konsep Ketuhanan dalam Islam dan Implikasinya dalam Pendidikan
5.       Konsep manusia dalam Islam dan Implikasinya dalam Pendidikan
6.       Konsep Alam dalam Islam dan Implikasinya dalam pendidikan
7.       Ilmu pengetahuan dalam perspektif islam
8.       Konsep Kependidikan Al- Farabi
9.       Konsep kependidikan Ibnu Maskawih
10.   Konsep Kependidikan Ibnu Sina
11.   Konsep Kependidikan Al-Ghazali
12.   Konsep kependidikan Ibnu Khaldun
13.   Konsep Kependidikan Muhammad Abduh
14.   Konsep Kependidikan Jamal al-Din Al-Afghani
15.   Konsep kependidikan Sayyid Ahmad Khan
16.   Konsep Kependidikan Ikhwan Al-Shafa
17.   Tujuan Pendidikan dalam Perspektif Islam
18.   Materi pendidikan dalam perspektif islam
19.   Tanggung Jawab Penyelenggaraan Pendidikan dalam Perspektif Islam
20.   Guru dalam Perspektif Islam
21.   Pendidikan tradisional dalam dunia modern : Problematika dan prospek
22.   Respon Umat Islam terhadap Pendidikan Modern
23.   Rangkuman/penutup

IV.    REFERENSI
Abuddin Nata, Sejarah Pendidikan Islam pada Priode Klasik dan Pertengahan, Raja Grafindo, Jakarta, 2004
Muhaimin, Wacana Pengembangan Pendidikan Islam, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2004
Mehdi Nakosten, Kontribusi Islam atas Dunia Intelektual Barat, Risalah Gusti, Surabaya, 2003
Ahmad D. Marimba, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, PT. Al Ma’arif, Bandung, 1964
Chabib Thoha, dkk, Reformulasi Filsafat Pendidikan Islam, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 1996
Abdurrahman Assegaf, dkk, Pendidikan Islam di Indonesia, Suka Press, Yogyakarta, 2007
Sembodo A.W, Kajian Filosofis Pendidikan Barat dan Islam, Nimas Multima, Jakarta, 2003
Ibn Khaldun, Muqaddimah Ibn Khaldun, Terj. Ahmadi Thaha, Pustaka Firdaus, Jakarta, 1989
Yunahar Ilyas, dkk., Pendidikan dalam Perspektif Al Qur’an, LPPI, Yogyakarta, 1999

Tidak ada komentar: